Senin, 04 Oktober 2010

Review Jurnal

Nama : Dayat Hidayat (15209036)
            Raditya Tenan Wistenanto (12209244)
Kelas : 2EA15

Serikat Kredit retooled:

Road Map untuk Stabilisasi Keuangan
Pengalaman dari
Guatemala Proyek Penguatan Koperasi

Di bawah kepemimpinan yang kuat dari National Credit Union Federation FENACOAC), ternyata kegiatan afiliasi serikat kredit di Guatemala, menikmati hampir dua dekade dari kemakmuran dan pertumbuhan. Tetapi Menjelang akhir tahun 1970-an, iklim politik dan ekonomi berubah dan serikat kreditnya dihadapkan pada tantangan hidup dalam lingkungan yang semakin bermusuhan.

Pada tahun 1987, kredit Pertumbuhan serikat stagnan, layanan tidak merespon kebutuhan anggota, dan jangka panjang kelangsungan hidup dari sistem serikat kredit terancam. World Council of Credit Unions, bekerjasama dengan USAID,  yang memulai sebuah proyek baru di Guatemala bersama dengan National Credit Union Federation (FENACOAC). The Proyek Penguatan Koperasi (CSP) menerapkan rencana rekapitalisasi dan kredit reorientasi serikat melalui bantuan keuangan dan teknis untuk mencapai reformasi kelembagaan. Salah satu komponen utama dari CSP adalah pengembangan PERLAS. Meskipun mirip dengan Sistem CAMEL digunakan di Amerika Serikat, Sistem PERLAS adalah unik. Sistem ini dirancang sebagai alat manajemen dan kemudian menjadi mekanisme pengawasan yang efektif. Setiap surat nama "PERLAS" melihat aspek yang berbeda tetapi kritis terhadap serikat kredit. Menanggapi keberhasilan program CSP, dewan direksi FENACOAC menyetujui pembentukan Dana Likuiditas Tengah (CLF) untuk membantu serikat kredit yang lebih efisien, Program stabilisasi baik pencegahan maupun proaktif, menggantikan model serikat kredit tradisional dengan model serikat kredit baru.

Program stabilisasi yang baru berdiri berjalan secara disiplin, sesuai dengan kebijakan, dan prosedur di dalam gerakan serikat kredit nasional. Bantuan keuangan yang diberikan untuk membantu memulihkan nilai aset. Selain itu, Bantuan teknis dan pelatihan diberikan untuk meningkatkan keterampilan staf dan kepemimpinan, dan membangun disiplin keuangan yang diperlukan. Semua 20 serikat kredit yang berpartisipasi telah mengalami peningkatan yang signifikan dalam keanggotaan, pinjaman beredar, tabungan, dan laba ditahan. Secara keseluruhan, total lima tahun pertumbuhan berpartisipasi serikat kredit (setelah anjak dari tingkat inflasi akumulasi) yang paling mengesankan:

·         Total pertumbuhan aset, naik sebesar 126%.
·         Jumlah pinjaman pertumbuhan, naik 98%.
·         Jumlah deposit pertumbuhan, naik 504%.
·         Jumlah saham pertumbuhan, naik 23%.
·         Jumlah modal pertumbuhan, naik 443%.

Hasil lain dari program CSP antara 1987-1992 meliputi:

  • Sebuah peningkatan dramatis dalam ketentuan untuk pinjaman, kerugian dan kenakalan.
  • Peningkatan persentase dana cair, dari 13% menjadi 22%.
  • Peningkatan tabungan dari, 24% menjadi 48% dari total aset. Dari 1991 ke depan
    deposito menggantikan saham sebagai sumber utama pembiayaan untuk credit unions.
  • Penurunan tingkat kenakalan, dari 19% pada tahun 1987 menjadi 7% pada tahun 1992.
  • Sebuah laju pertumbuhan gabungan tahunan sebesar 18% per tahun.

Jurnal ini sangat menarik, melihat suatu kebijakan yang diterapkan di Guatemala  menggunakan PROSES STABILISASI KEUANGAN; PROGRAM STABILISASI KEUANGAN ALAT; KEUANGAN STABILISASI MONITORING, EVALUASI DAN HASIL, Dapat meminimalisir keterpurukan kegiatan perekonomian di Guatemala, bahkan dapat menstabilkan kegiatan perekonomiannya kembali. Dengan kata lain kita bisa mencontoh bagaimana proses kegiatan pemulihan perekonomian dari kebijakan yang digunakan di Guatemala. Penjelasan secara ringkas dalam jurnal ini pun sudah dapat dengan mudah di pahami, karena sudah ada penjelasan-penjelasannya secara terperinci.

Daftar Pustaka
DUNIA DEWAN SERIKAT KREDIT
PENELITIAN Monograf SERIES
1. Credit Unions retooled: Road Map untuk Stabilisasi Keuangan, Maret 1993.
2. Pasar Keuangan Niche: Perilaku Profil Member - Kredit Serikat di Guatemala, Maret
1993.
3. Dampak Credit Unions di Pasar Keuangan Guatemala, September 1994.
4. MUTIARA: Stabilisasi Monitoring Keuangan dan Evaluasi, Oktober 1994.
5. Keterkaitan MUTIARA, (Lampiran 2), Oktober 1994.
6. Peran dan Dampak Credit Unions: Membantu Memenuhi Kebutuhan Skala Kecil
Produsen, November 1994
7.
Jalan Menuju Sukses: Crossroads lain, November 1994.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar